oke kali ini aku akan bagikan perihal rumus matematika untuk smp kelas 7 mengenai Skala
Skala merupakan perbandingan ukuran gambar dengan ukuran orisinil / sebenarnya. Perhatikan Rumus skala berikut :
Skala = Ukuran model : ukuran sebenarnya
Contoh
sebuah Peta digambarkan dengan skala 1 : 500000 cm
Hitung jarak sebetulnya jikalau diketahui jarak antara kota A dan B digambarkan dengan panjang 2 cm pada peta?
Jawab
rumus Jarak sebetulnya = Skala x jarak kota A dan B
jadi Jarak sebetulnya = 500000 x 2 = 1000000 cm
Karena yang diminta jarak sesungguhnya maka kita dijadikan km sehingga nilainya 10 km.
Rumus Aljabar
Coba kita ingat-ingat dikala kita awal mengenal aljabar. Saat itu mungkin kita sedang duduk dikelas 1 SMP. Aljabar...? Apakah geranganyang terjadi dengan aljabar he he eh? Selama kita berguru di tingkat SD, sangat sedikit sekali atau tidak pernah mengenal aljabar.
Padahal kita telah mengetahui bahwa aljabar merupakan salah satu cabang ( he he he kayak olah raga saja ada cabangnya ) dari matematika yang berdasarkan aku sangat penting.
Karena itu kita harus terus melaksanakan penemuan biar kita sanggup mengenalkan aljabar dengan cara menyenangkan pada bawah umur biar sanggup diterima dengan baik. Agar terasa lebih menarik, aljabar kita kenalkan sebagai kesatuan yang utuh dengan aritmetika dan geometri.
Mari kita bermain dengan rumus-rumus dasar aljabar. Ini lah rumus-rumus paling terkenal dikala berkenalan dengan aljabar:
(x+y).(x+y) = x.(x+y) + y(x+y)
= x^2 + xy + xy + y^2
= x^2 + 2xy + y^2
Para siswa pemula, biasanya mengharapkan hasil final operasi aljabar tersebut hanya berupa dua suku:
x^2 + y^2
Tapi yang benar terdiri dari tiga suku:
x^2 + 2xy + y^2
Berikut merupakan rumus aljabar yang juga terkenal dan hasil final dari rumus tersebut terdiri dari dua suku:
(x+y).(x-y) = x.(x-y) + y.(x-y)
= x^2 – xy + xy – y^2
= x^2 – y^2
Mari kita mainkan identitas rumus-rumus aljabar di atas untuk sanggup berhitung cepat (aritmetika/aritmatika).
Hitunglah
63^2 – 62^2 = ???
= 125.
Kok sanggup ya...?
63^2 – 62^2 = (63 + 62).(63 – 62)
= 125. 1 = 125 (Selesai.)
Contoh:
76^2 – 75^2 = ???
= …. = 151 (Selesai.)
Silahkan kalian cermati caranya:
76^2 – 75^2 = (76+75).(76 – 75)
= 151 (Selesai).
Bagaimana dengan soal berikut:
83^2 – 81^2 = ???
= (83+81)(83-81)
= 164.2 = 328 (Selesai).
Selanjutnya kita coba dengan bentuk-bentuk soal aritmetika yang berbeda:
23 x 17 = ???
= (20 + 3)(20 – 3)
= 20^2 – 3^2
= 400 – 9 = 391 (Selesai).
28 x 32 = ???
= (30 – 2)(30 + 2)
= 900 – 4 = 896 (Selesai).
65 x 75 = ???
= (70 – 5)(70 + 5)
= 4900 – 25 = 4875 (Selesai).
Silakan kalian berlatih dengan soal berikut ….
38 x 42 = …
74 x 66 = …
25 x 35 = …
(Jawab: 875, 4884, 1596).
Selamat bermain dengan matematika yang lebih kreatif…
terimakasih atas kunjungan anda dan selamat mengamalkan ... semangat dan semangat
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Rumus Matematika Untuk Smp Kelas 7"